Wednesday, August 27, 2014

Review Event : Gelar Jepang Universitas Indonesia 20 (Hari ke 2 & 3)


Yossh akhirnya setelah libur lebaran kita berkesempatan jalan-jalan ke event lagi. Senangnya :). Dan event yang kali ini kita datangi dan kita bahas keseruannya di sini adalah Gelar Jepang Universitas Indonesia (GJUI) yang ke 20. 

Seperti yang kita ketahui event tahunan ini merupakan event kebudayaan Jepang yang terbesar untuk ukuran event Jejepangan kampus-kampus di Indonesia. Nah hal ini jelas karena event ini telah melalui perjalanan panjang selama 20 tahun sejak pertama kali event ini diadakan (wow :O). Nah Sekeran dan Seseru apa sih GJUI tahun ini ? Dan apa aja sih yang kita temui di GJUI ini ? langsung aja ini dia review-nya :).
  

Day 2 (Sabtu, 23-08-2014) :

Pada GJUI hari kedua ini saya datang bersama teman-teman UIN48 & Japan Freak UIN, dan kami sampai lokasi acara sekitar pukul 1 siang. Dan begitu kami sampai TKP, kami lumayan terkejut karena ternyata di hari pertama dan kedua GJUI berlokasi di dalam Pusat Studi Jepang-nya (Padahal tahun sebelumnya diluar). Dan yang membuat kami lebih terkejut lagi adalah, begitu kami masuk... man ternyata penggunjungnya rame banget. Dan ya, tempat indoor + penggunjung yang rame banget = sempurna (baca: Sumpek banget). Hal ini lah yang membuat hari kedua ini terasa kurang nyaman.  


(Ramainya penggunjug hari pertama)


Begitu memasuki area event disebelah kanan kita dapat melihat pameran manga karya para juara lomba menggambar manga GJUI ini. Selamat buat para pemenang, Keren-keren banget :). Dan kerennya lagi ternyata juara 2 loma ini adalah salah seorang teman sewota sekampus kami, Abe Umaro (walaupun gw nggak tau dia inget sama gw atau nggak XD wkwk).

(Manga karya Bang Abe yang mendapat juara ke2, Keren & Nostalgic)
  
Tidak jauh dari tempat pemeran manga, kita dapat melihat pemeran gunpla yang keren-keren banget (kalo boleh dibawa pulang tak bawa pulang deh #plak).

Di bagian tengan area event kita dapat melihat demonstrasi dari seni bela diri asal Jepang seperti Aikido dan Kedo (Mantep kan... Laki banget kaya gw hahaha).
Dan favorit saya, di sayap kiri area event kita dapat melihat sebuah jembatan kecil yang dihias dengan hiasan-hiasan bunga Sakura. Jembatan Sakura-nya bagus banget dan saya suka banget. Cantik :).
 
Nah kayanya nggak afdol ya bahas event Jejepangan tanpa membahas makanan Jepang (tapi kali ini kita buat nggak afdol aja gimana ? XD #plak). Oke jadi untuk makanan kita skip dulu, makanan kita bahas di hari kedua aja, karena di hari kedua booth-booth makan dan merchandise nya jebih Buanyak deh :D.

Terakhir untuk cosplay, di hari kedua ini kita juga dapat melihat banyak cosplayer berkeliaran nih. Tetapi jika dibandingkan dengan hari ketiganya, ternyata hari kedua ini masih terbilang sedikit loh. Bahkan di hari kedua ini saya hanya berfoto dengan 1 orang cosplayer. Tapi man walaupun cuma 1 tapi yang ini serius lucu banget :3. Dan akhirna cosplayer ini saya nobatkan (cieilah siapa gw coba XD) sebagai cosplayer terlucu GJUI 2014 hahaha. 


(Foto bareng Cosplayer Terlucu GJUI 20. Kawaii :3)
Nah jadi secara keseluruhan GJUI hari kedua berlangsung seru nih :). Tapi buat masukan saja, seperti yang sudah saya katakan di awal tadi masalah tempat. Ya jujur tempat di hari kedua ini terasa kuarng nyaman dengan banyaknya pengunjung. Jadi mungkin di event-event selanjutnya bisa menggunakan tempat yang lebih besar, mengingat GJUI adalah event Jejepangan Kampus Terbesar :). 
Oke itu dia keseruan GJUI hari kedua. Spoile sedikit aja nih, di hari ketiga GJUI jauh lebih seru loh. Seseru apa ? nah langsung aja ini dia pembahasan GJUI hari  ketiga :).
  


Day 3 (Minggu, 24-08-2014) :

Hari ketiga GJUI ini menggunakan lokasi yang berbeda dari hari-hari sebelumnya nih, yaitu di Boulevard (kayanya sih nggak salah nulisnya... kayanya) UI. Dan di hari terakhir ini juga pertama kalinya GJUI menggunakan HTM untuk masuk ke event nya, yaitu seharga Rp15.000. Man nggak usah sedih, nggak usah kecewa, karena serius HTM yang Rp15.000 itu worth it banget untuk event Sekeren dan Seseru GJUI :).

Kami sampai di TKP sekitar pukul 12 siang. Dan begitu sampai, ternyata tempat event di hari terakhir ini gede banget dan mantap banget deh buat event seperti ini. Sayang aja kami datang saat matahari sedang panas-panasnya (padahal pas berangkat udah pake mode pria tampan, tapi sayang setelah satu jam disana, karena keringat, gw langsung jadi pria tampan berkeringat 8-) #plakdumplak #digebukin).

Begitu memasuki area GJUI kita akan melihat banyak booth-booth yang terbagi dua, yaitu sayap kanan untuk makanan, dan sayap kiri untuk merchandise. 

 (Bagian sayap kanan booth-booth makanan. Ramainya :O)
(Bagian sayap kiri booth-booth Merchandise)


(Duh Takoyaki-nya menggoda sekali :9 ngiler)


Setelah memasuki area GJUI kami langsung bergegas menuju ke panggung besar yang berada jauh di ujung loksi acara untuk menyaksikan performance dari JS Navigator. Dan Yes, akhirnya kami berhasil menikmati performance dari mereka. Senangnya :).


(Penampilan JSNavi Donna & JSNavi Edelyn membawakan lagu Kinjirareta Futari. Astaga kenapa mereka Lucu banget :3)

Di hari ketiga ini kita juga dapat melihat kebudayaan tradisional jepang khas festival seperti, Awa Odori, Yosakoi, Omikoshi, dan Bon Odori (khusus yang ini nanti kita ceritakan sendiri terakhir :D).
  
(Tim Awa Odori)

(Omikoshi... Ganbaree ><)9)
Karena GJUI tahun ini menggandeng NHK, jadi kita bisa ketemu langsung sama Domo-kun nih :).

(Domo-kun, Masokt dari NHK)
Untuk Cosplay, seperti yang saya katakan tadi di hari terakhir ini cosplay nya banyak banget loh. Dan Banyak yang bagus, kawaii dan keren deh :).
  
 
(Satria Garuda... BIMA)

 

 (Katanya sih mirip Melody JKT48. Cantik ya)

(Gundam-nya lagi Jualan XD)

(Yoshimitsu versi Tekken 3, Jagoan gw nih selain Paul haha. Kanennya)



(Yang ini Fotonya Bagus)

(Loh ini kan cosplayer hari kedua kemarin... Yaudah kalo Lucu mah Bebas XD hahaha)
Nah selanjutnya ada performance yang paling ditunggu-tunggu nih. Performance dari gueast star GJUI yang langsung didatangkan oleh GJUI dan J-Music Lab dari Jepang, Yun*chi (Bukan Yun*chi Shara). Yun*chi membawaka banyak lagu (walaupun yang saya tahu Cuma yang soundtrack Log Horizon) dan yang serunya lagi adalah Yun*chi membawakan lagu yang terdapat bagian bahasa Indonesianya :D (maaf nggak ada fotonya, kamera gw jelek kalo foto malem, dan kamera tebengan temen ternyata nggak ada foto Yun*chi pas perform) Penampilan Yun*chi malam itu sangat menyenangkan, menghibur dan seru banget.

Setelah penampilan dari Yun*chi acara selanjutnya dalah Bon Odori. Ini adalah kali pertama saya mengikuti Bon Odori, dan ternyata... Man ini benar-benar Menyenangkan :D. Kalian juga benar-benar harus coba menari bersama-sama seperti ini. Serius sekali lagi ini Meneyenangkan :D.

Terakhir acara ditutp dengan Hanabi. Dan jujur ini juga kali pertama saya benar benar merasakan nikmatnya hanabi. Ternyata jika kita bisa menikmatinya, hanabi terasa begitu luar biasa indah, cantik, dan mengagumkan. Saat melihat indahnya hanabi, segala rasa capek seharian banar-benar hilang dan terbayar lunas :). Serius saat melihat hanabi di GJUI ini, saya benar-benar speechless, tidak bisa berhenti tersenyum, dan hampir menangis rasanya. Bahkan saya sampai membuat tulisan tersendiri untuk Hanabi kali ini disini. Thank you GJUI untuk Hanabi-nya yang buat saya hampir menangis. Luar Biasa :’).

(Para pengunjung Menikmati Indahnya Hanabi setelah Bon Odori. Saya Suka Pemandangan ini :D)

 
(Cuma ini foto hanabi yang kita dapat. Semoga lain kali bisa dapat yang lebih bagus. Aamiin)
Terakhir Bonus nih (nggak tau penting atau nggak XD), kemarin di GJUI juga sempat sedikit buat video card flourish / freestyle kartu (kalo nggak tau juga bisa baca disini) di area sayap kiri ke arah panggung jadi kalo ada yang  lihat sesosok manusia sedang bremain kartu, bisa jadi itu adalah saya hahaha. Btw ini dia fotonya yang keren banget :D.

 

(Twilight Spring. Fotonya Keren Banget :D & Gw nya keliatan Ganteng, apa karna muka gw nggak keliatan ya? Kamfret XD)

Nah oke itu dia perjalanan Seru kita di GJUI kemarin. Benar-benar hari yang Menyenangkan:D.
Buat yang belum bisa dateng, semoga review ini bisa memberikan sedikit gambaran tentang event ini :).
Dan buat yang kemarin juga dateng bisa share juga nih ceritanya di kolom komentar di bawah :).
Terima kasih buat Gelar Jepang UI untuk event-nya yang Keren dan SERU Banget :D.
Oke sampai jumpa di event seru lainnya :).

Selamat Bersenang-senang di event :).
Special Thanks :
@RyoHikaru & @irman8609 buat foto-fotonya :D.

THANKS.




2 comments:

  1. wah..ada muka gue di tim awa ama yg hanabi...ahaha...kayaknya gue liat lo dah men yg waktu poto ama yg kayak cover jekete ato ekebi patang puluh wolu itu di belah kanan panggung (dari arah panggung)...ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada yg nyangkut juga ternyata fotonya disini hahaha. Iya sih kemaren foto sama yg cosplay jadi member itu hahaha.
      Ohiya btw thank you udah mampir dan baca :)

      Delete