Saturday, March 21, 2015

Tentang Shigatsu wa Kimi no Uso

I met the girl under full-bloomed cherry blossom, and my fate has begun to change.

Satu lagi anime terbaik yang pernah saya saksikan berakhir, Shigatsu wa Kimi no Uso.




Kali ini saya sama sekali tidak berniat mebuat review anime Shigattsu wa Kimi no Uso ini seperti yang biasa saya lakukan di Fuwa Fuwa Zone. Kenapa ? Karena saya khawatir review saya – yang seperti biasanya – tidak  dapat menggambarkan betapa bagusnya anime ini. Jadi kali ini, saya hanya akan sedikit berbagi pikiran saya tentang anime ini. Tentang alasan saya melabeli anime ini dengan label “Salah satu anime Terbaik yang pernah saya saksikan.” Tentang, Shigatsu wa Kimi no Uso.


Sebelum kita mulai, untuk yang belum tahu, anime ini bercerita tentang Arima Kousei, seorang mantan pianis cilik berbakat, yang kehilangan warna dalam hidupnya setelah kematian sang ibu. Suatu hari ia bertemu dengan Miazono Kaori, seorang violinist yang menyukai sahabat Kousei sendiri. Sejak hari itu Kaori mulai memasuki hidup Kousei. Dan entah sejak kapan, Arima jatuh hati padanya.  Namun disaat Kousei mulai menemukan kembali warna dalam hidupnya pada diri Kaori, Kaori justru berjalan – beriringan dengan penyakitnya – menuju kematian. Di akhir cerita, Kaori meninggal dunia. Setelah kematian Kaori, Kousei baru mengetahui, bahwa sebenarnya Kaori juga mencintainya, bahwa Kaori yang menyukai sahabatnya hanyalah sebuah kebohongan belaka. Sebuah Kebohongan yang dibuatnya agar ia bisa lebih dekat dengan Kousei. Sebuah kebohongan di bulan April.



Kekuatan jalian kata demi kata.

Pertama-tama saya ingin memberikan apresiasi khusus sebesar-besarnya kepada Naoshi Arakawa, sang mangaka, yang telah menyuguhkan kepada kita semua karya yang luar biasa ini. Dalam anime ini Naoshi Arakawa berhasil membangun plot yang luar biasa kuat sepanjang berjalannya cerita. Selain itu, secara pribadi, yang paling membuat saya terkagum-kagum adalah kejeniusannya dalam merangkai kata-kata dalam dialog, terebih dalam pikiran tokoh.

Lewat rangkaian kata-katanya, kita dapat menemukan motivasi yang menggetarkan hati, perasaan cinta yang dalam dan manis, dan bahkan dengan kata-katanya, kita diajak mengintip isi kepala seorang Arima Kousei yang lembut, puitis, manis, dan sangat kaya, serta ikut merasakan apa yang sedang dirasakannya. Rasanya seperti membaca sebuah novel yang membuat kita merasakan segalanya secara lebih jelas dan lebih dekat, dan juga membuat kita merasa lebih mengenal tiap karakternya.

Dan saya rasa kekuatan utama yang membuatnya menjadi salah satu anime terbaik yang pernah saya tonton adalah karena kekuatan kata-katanya. Karena banyak sekali kata-kata indah, dan bermakna dalam di sini. Bahkan dalam anime ini, kata-kata sederhanapun dapat dirangkai menjadi sangat manis. Dan bagi saya, kata-kata indah itu sungguh “Menggairahkan.”

“Hanya dengan melihat lagit yang sama denganmu, membuat pemandangan yang biasa terliha berbeda.”
- Arima Kousei -



Motivasi dan Cinta.

Buat saya pribadi, anime yang baik adalah anime yang dapat memotivasi kita dalam menjalani hidup. Terlebih jika menyangkut tentang Impian dan Passion. Dan dalam anime ini kita akan dibuat termotivasi oleh sosok-sosok musisi yang berjuang menampilakan kesempurnaan dia atas panggung. Kita dapat melihat proses di mana seorang penampil berada dalam tekanan yang luar biasa sebelum naik panggung, berusaha menampilkanyang terbaik di atas panggung, sampai bayaran kepuasan atas semua jeripayahnya setelah selesai tampil. Dan buat saya – yang juga merasakan hal yang sama sebagai seorang penampil – itu benar-benar memotivasi.

“Semua orang takut untuk berdiri di atas panggung. Mungkin kau akan gagal. Mungkin mereka akan menolakmu. Meski begitu, kau harus tetap menggeritkan gigimu dan berdiri tegak di atas panggung.”
- Miyazono Kaori –

Selanjutnya cinta. Anime ini memiliki penyamapian perasaan cinta yang sangat unik dan menarik. Ya sangat menarik menyaksikan si karakter utama manyampaikan perasaanya kepada gadis yang dicintainya lewat permain pianonya. Tanpa kata-kata cinta klise, hanya musik dan perasaan hangat yang tersalurkan di dalamnya. Sungguh manis.



Akhir yang pahit.

Anime ini memiliki akhir yang mengharukan di mana karakter Miyazono Kaori meninggal dunia. Sebuah akhir yang sejujurnya tidak saya sukai. Saya tidak tahu mengapa, mungkin karena sebagai penikmat fiksi, saya masih tergolong penikmat fiksi yang tidak dewasa yang meganggap akhir kisah yang baik adalah akhir kisah yang sesuai dengan keinginan kita sebagai penikmat. Mungkin... Tetapi yang pasti, saya tidak menyukai akhir kisah seperti ini.

Namun rasanya tidak adil menggunakan ego saya ini sebagai dasar untuk mengatakan bahwa anime ini memiliki akhir yang buruk. Dengan mengesampingkan ego saya dan dengan pertimbangan episode terakhir – pengantar kepergian Kaori – yang disajikan dengan sangat-sangat-sangat indah, rasanya tidak ada yang salah jika saya mengatakan bahwa anime ini memiliki akhir yang Luar Biasa Bagus.  

Walaupun merasa kehilangan, tetapi saya sangat menyukai bagian terakhir diaman Kousei membaca surat yang ditinggalak Kaori untuknya, sangat mengharukan, tetapi juga manis dan sangat berkesan dalam. 

Dan ternyata saya menitikkan air mata saat menyaksikan bagian ini. 

“Selama aku punya kesempatan untuk bermain, dan ada penonton yang mendengarkan, aku akan bermain dengan seluruh kemampuan yang kupunya. Supaya orang yang mendengarkanku takkan pernah melupakaku. Supaya aku bisa terus hidup di dalam hatinya. Itulah alasanku bermain.”
- Miyazono Kaori -


Kebohonganmu di bulan April.

Sebuah kebohongan termanis dari seorang yang mulai berlari demi cintanya.

Shigatsu wa Kimi no Uso.

Anime Terbaik yang pernah saya Saksikan.



@rohadidavid
THANKS.

64 comments:

  1. Yeah, anime ini asli bikin nyentuh kokoro... </3
    Btw tulisan ente lumayan keren gan. Keep post (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget deh nyentuh kokoro :').
      Hahaha thank you udah dibilang lumayan keren :). Siap (y).
      Thank you juga udh mampir & ninggalin jejak di Fuwa Fuwa Zone :).

      Delete
    2. Senpai boleh minta link download nya gak ? Onegai minna 😯 ane penasaran sama ini anime -,-

      Delete
  2. Best Anime Winter ini, kunjungi juga http://anitekno21.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah malah buat saya ini jadi salah satu anime terbaik yg pernah saya tonton :).
      Btw thank you udah mampir & ninggalin jejak di Fuwa Fuwa Zone :).
      Tadi udah mampir ke blognya juga, makasih buat Light novel SAO nya :).
      Thank you :).

      Delete
  3. Mantap......... (y). walau kecewa di ending Kaori-chan harus pergi selama-lamanya.. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)).
      Iya kecewa tapi... Huuh Kao-chan :").
      Btw thank you udah mampir & ninggalin jejak di Fuwa Fuwa Zone :).
      Thank you :).

      Delete
  4. salah satu anime yang sukses bikin ane keluar air mata dah :3 setingkat sama anohana & angel beats, bener kata ente gan yg bikin ane kagum itu dialog antar katanya yg sarat akan makna banget beuhh jempolan dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget :).
      Kalo saya, anime ini masuk list anime2 terbaik versi ane yg sampai saat ini cuma 3, Sakurasou no Pet na Kanojo, Bakuman, sama Shigatsu wa Kimi no Uso ini :).
      Btw Makasih udah mampir, baca, sharing, dan ninggalin jejak di Fuwa Fuwa Zone ^^.
      Thank you :).

      Delete
    2. Sama bos sakurasou.....hahahaha

      Delete
  5. Sakuraso keren gan.. kalo ada lanjutanya pasti seru. toradora itu juga bagus gan.. aku excited banged ma anime ini.. jadi pengin download.. makasi reviewnya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, Sakurasou, anime pertama yang dapet label "Anime Terbaik yang pernah saya saksikan."
      Kalo Toradora malah belom nonton nih.
      Oke sangat senang bisa membantu dengan tulisan ini :).
      Selamat Menonton, dan kalo udah nonton, ditunggu share pendapatnya di sini lagi ya ^^.
      Thank you udah mampir & ninggalin jejak di Fuwa Fuwa Zone.
      Thank you :).

      Delete
  6. Bener gan, nih anime sangat bagus, diantara anime dgn ep 20 keatas, biasanya ane nonton setengah-setengah, tapi dari semua anime, cuma anime ini yang berhasil bikin ane penasaran nonton sampe selesai, begadang pun tak masalah. :D
    Tapi kesalahan besar memilih hal tsb, karna pas begadang emosi tengah tingginya, jadi pas nonton endingnya begitu, ane sama kayak agan, terharu.
    Belom lagi dgn lagu & insert songnya. Beuuhh ...
    Versi ane, inilah anime genre romantic terbaik yg pernah ane tonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Terima kasih banyak sudah baca dan berbagi pendapatnya juga tentang Shigatsu wa Kimi no Uso di Fuwa Fuwa Zone :).
      Setuju deh sama pendapatnya juga :).
      Thank you :).

      Delete
  7. Best ending I've ever seen.
    Kapan lagi ada ending mati yang indah kayak di anime ini? :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup setuju banget, ending nya Indah banget :').
      Btw thank you udah sharing juga pendapatnya tentang anime ini disini :).

      Delete
  8. Ane emg nangis liat ni anime dibanding clannad yg ada keajaiban nya judul nya pun udh keren ..ane harap ada season2
    Mahu liat jalan cerita nya tsubaki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga suka judulnya.
      Tapi saya malah nggak berharap akan ada season 2nya. karna buat saya akhir anime ini sudah sangat sempurna. Dan biarlah anime ini berakhir sesempurna ini :).
      Btw terima kasih sudah mampir dan beragi pendapatnya tentanf anime ini :).
      Thank you.

      Delete
  9. Endingnya emang nyesek banget dan nguras air mata. Watari itu playboy yang seolah buktiin lelaki punya sisi keren dalam diri mereka. Kousei adalah tokoh paling memoriable buat aku, bersama sang pembuat keajaiban, Kaori. Mereka pelanggan setia airmata aku. Satu-satunya teriakan yang ngerusak tangisan ending aku adalah clue-clue gak jelas kalo Tsubaki bakal end up sama Kousei (banyak adegan kebersamaan mereka yang aku lewati), itu bener-bener buat aku total benci sama Tsubaki. Faktanya; bahwa Kaori, tidak bisa digantikan hanya dgn teman masa kecil seperti Tsubaki. Nagi sama Watari aja, tapi Kousei kan pasangannya bisa buat karakter baru. Itu yang menjadikan Shigatsu wa Kimi no Uso bernilai 'nyaris' sempurna buat aku.
    Overall, ini best anime romance aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah menuangkan pikirannya tentang anime ini di Fuwa Fuwa Zone.
      Senang baca pendapat panjang lebar orang tentang apa yang saya suka -dalam hal ini shigatsu wa Kimi no Uso,- and yes, i know that feel :').
      Thank you.

      Delete
  10. salah satu anime yang ga bisa bikin ane lufaa :v jujur ae udh di rewatch berkali2 ga bosen2.di tambah permainan piano nya juga oke lah :3 buat mimin nice deh buat kata2 nya tentang ini anime :v ntar ane sering2 berkunjung <

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berbagi pendapatnya juga Tentang Shigatsu wa Kimi no Uso.
      Dan terutama terima kasih juga untuk pujiannya hahaha Sengeng Banget :).
      Tau gak, kata-kata kayak "ntar ane sering2 berkunjung," itu loh yang bisa bikin blogger semangat nulis, jadi terima kasih paling besar buat kata-kata kayak gitu, dan salah satu keinginan saya adalah punya penggunjung loyal yang mau balik lagi, dan balik lagi. Semoga kita bisa terus memberikan posting2 menarik lainnya untuk pengunjung :). Aamiin.
      Thank you.

      Delete
  11. anime keren , tpi syang sad ending -_-
    kalok ada session 2nya asik kali yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anehnya, saya sama sekali tidak menantikan season 2 dari anime yang masuk kategori anime terbaik versi saya ini.
      Buat saya, biarlah berakhir seperti ini. Akhir yang sudah terlalu bagus.
      Karena ada kekhawatiran sequelnya tidak sebaik yang pertama dan merusak akhir yg sudah terlalu bagus ini.
      Tapi kembali lg itu cuma pendapat pribadi saya.

      Kalo menurut kalian bakal asik kalo ada season 2nya, saya cuma bisa bilang, thank you udah berbagi pendapatnya, saya senang mendengar jika ada pendapat lain di blog ini :).
      Thank you :).

      Delete
  12. Karena banyak yang bincangin Anime ini jadi penasaran nih :) ,, sebenarnya sih saya tidak suka Anime-anime romanstis atau yang berbau percintaan tapi katanya ending dari Anime ini bisa buat keluarin air mata, kalau bener jadi pengen nonton.

    kira-kira punya link downloadnya gak gan yang bahasa indonesia ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat menonton Shigatsu wa Kimi no Uso. Semoga sesuai dengan apa yang diharapkan :).

      Dan maaf di sini tidak menyediakan link download, silahkan cari melalui google :) hehehe.

      Delete
  13. Saya Berharap malah Ada season II
    Dan di season Dua kaori sebenarbya masih hidup .walaubtak masuk akal tapi saya kepingin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harapan orang beda-beda ya :).
      Coba dibikin Fanfic aja :).

      Delete
  14. gan si kaori itu kena penyakit apa sih bisa sampai meninggal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barusan nyari infonya juga dan nemu pembahasan penyakitnya di sini :
      http://animagnia.blogspot.co.id/2015/01/info-penyakit-miyazono-kaori-shigatsu.html

      :).

      Delete
  15. satu satunya anime yang bisa bikin ane nangis daraahh, nysek banget endingnya,, dan cerita ama konfliknya berkuallitas banget,, kira kira ada lagi nggak anime yang bikin sdih gan..? kalo ada rekomendasiin dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba 5cm per second, Ano Hana, atau Angel Beats deh.
      Sama Clanad katanya sih juga sedih, tapi saya belum nonton.

      Delete
  16. tinggal nunggu versi live actionnya
    apakah live actionnya bisa bikin mengeluarkan air mata seperti live action anohana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Live Action nya bisa sebagus anime nya ya :).
      Saya juga nunggu banget sih soalnya yg jadi Kaori nya salah satu actres Jepang favorit saya Suzu Hirose :3.

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. haeeh.. ga tau mau ngomong apa,padahal sebelumnya nganggap anohana yg terbaik kalok masalah ngendalikan perasaan penonton,tapi -_- .. parah nya begitu liat your lie in april ini sensasinya masih kebawaa aja sampek sekarang,seakan ikut ngerasain kesedihan pemusik couple ini,apa lagi begitu liat post ini,tambah baperr,gatau dah,apa cuma ane yg lebay sama ini anime? pokoknya anime ini is the best ever lah,good job min,ditunggu post anime yg bisa ngalahin your lie in april ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah ikut share pendapatnya tentang Shigatsu wa Kimi no Uso :).
      And thank you for your kind words :).

      Delete
  19. gara-gara nonton anime ini gw susah move on selama 1 minggu lebih, kampret nih yang ngebuat ceritanya, sedih banget ;-(

    ReplyDelete
  20. Gw berterimakasih ama yg buat anime ini...
    Sy pribadi jg gak suka sama ahir salah satu tokoh ada yang mati,apa lagi tokoh penting...
    Anime ini membuat saya lebih semangat...
    Saya terus befikir "apakah saya masih hidup besok...?"
    *apa ada rekomendasi anime yang kek gini gan...?

    ReplyDelete
  21. Air mata ane gk ketulungan gan,Kaori cantik bgt,innoncent, lalu dia jg gk ingin dilupakan setelah dia pergi,Mimpinya sedari kecil hanya ingin tampil bermain biola bersama Kousei sebagai pengiringnya... Hiks memang benar Musik itu melebihi kata kata...

    ReplyDelete
  22. Pas episode terakhir, bikin petcah air mata, banjiiirrrr nangis sejadi jadinya sumpah kamvret nih anime satu ini T_T
    Apalagi pas bagian Kousei yg baca surat dari Kaori, ditambah lagu pengiring pas baca suratnya aaaaaa T_T
    Pokoknya sehabis nonton ini, serasa beneran ikut hidup dalam cerita tsb, dan berasa Kaori hidup didalam hati T_T

    ReplyDelete
  23. Boleh tanya ? Biasanya download film anime pake apa ?

    ReplyDelete
  24. iya...q juga suka benget ama anime shigatsu wa kimi no uso ini (udah lihat berkali2 tapi gak bosen) , dan kenapa ya setiap mendengar lagu op atau penutupnya mesti membuat terbyang saat kaorinya meninggal (jadi pingin nangis)......

    ReplyDelete
  25. kalo mau lihat yang lebih parah lagi , coba nonton anime plastik memories. ceritanya juga menyedihkan banget... q lihat anime sampai nangis cuma shigatsu ama plastik memories...

    ReplyDelete
  26. ni anime emang terbaik, angel beats anohana sakurasou kata gw masih kalah di banding ni anime, yg bikin nangis cuma anime ini yg lain kga bikin nagis paling cuma berkaca2/nyesek, bahkan udh seminggu lebih masih kepikiran ni anime, nge feel bgt deh pas liat suratnya, apalagi pas tau kalo semua itu cuma kebohongan.... TERBAIK!!!

    ReplyDelete
  27. Huft,,, nonton anime ini harus didalam ruangan terkunci gan, yakin air mata klian seakan nggak pernah habis

    ReplyDelete
  28. Huft,,, nonton anime ini harus didalam ruangan terkunci gan, yakin air mata klian seakan nggak pernah habis

    ReplyDelete
  29. gan, ada yg tau judul lagu anime ini ? pas sebelum last episodenya berkahir, pas arima sama tsubaki ngobrol di deket rel kreta ? lebih tepatnya pas tsubaki habis bilang "kau harus terbiasa " ? kasi tau yak kalo tau :D

    ReplyDelete
  30. Yes, It's just sad ending not bad ending. 😭

    ReplyDelete
  31. Ane pertama liat nih anime pastemen ane mutar endingnya yg kedua kayaknya ni amine seru pas udah nonton seru banget apalagi pas endingnya bikin ane nangis karena terharu��������. Btw di anime ini juga pamain pianonya keren²

    ReplyDelete
  32. Ane pertama liat nih anime pastemen ane mutar endingnya yg kedua kayaknya ni amine seru pas udah nonton seru banget apalagi pas endingnya bikin ane nangis karena terharu��������. Btw di anime ini juga pamain pianonya keren²

    ReplyDelete
  33. Anime ini udah brbulan2 yg lalu aq nonton, dan hingga saat ini aq msih blum bisa move on...

    ReplyDelete
  34. Kalau belum happy ending berarti ceritanya belum berakhir "naruto uzumaki-the movie"
    Tapi ampun dah gak kuat nahan air mata

    ReplyDelete
  35. ending nyesek banget, kalo clannad masih mending(masih hidup),lah ini ceweknya mati, gw kira di oprasi bakal baikan, eh malah meninggal... -_-

    ReplyDelete
  36. ini endingnya bagus banget ya, jarang ada anime yang sad endingnya seindah ini, sayang kaori harus pergi meninggalkan mereka, dikira pas dia operasi itu tuh bakal sembuh tapi ternyata enggak. Klo dia sembuh gimana ya endingnya? hehe...

    ReplyDelete
  37. Se7 ama ente gan anime ini emang keren banget
    Meskipun ane nyesel dah denger spoiler anime ini dari adik ane jadi kurang dah feel nya

    ReplyDelete
  38. Se7 ama ente gan anime ini emang keren banget
    Meskipun ane nyesel dah denger spoiler anime ini dari adik ane jadi kurang dah feel nya

    ReplyDelete
  39. apa yg mau ane sampein udah kesampean sama semua comment di atas, dan kayanya nggak cmn aku yg baper akut emang serasa masuk ke dunianya kaori meski udah aku yakinin klo itu fiksi ttp masih kebawa perasaan, ane kasih 1 lagi yg bagus meski endingx agak bikin kecewa, tasogore otome x amnesia ini sama angel beat sih yg bener2 bikin baper ya selain shigatsu karena shigatsu is the best romance, ups tanpa spoiler dan jangan baca spoiler lngsng tonton tasogore otome x amnesia

    ReplyDelete
  40. Min Mau tanya Swku ada season 2nya kah??

    ReplyDelete
  41. jujur. saya ga berharap adanya season 2 saya maunya si mangaka ciptain lagi anime yg lebih dari ini supaya sya bisa nangis se galon.

    ReplyDelete
  42. saya jadi terbawa suasana...pengennya kaori masih hidup...sumpah ini bagus banget....apa lagi live actionnya....saya pun dibuat jatuh cinta ke kaori [suzu hirose]

    ReplyDelete
  43. Udah 3 kli lebih aku nonton dan feel nya masih aja ngena. Anime terbaik yg pernah aku tonton

    ReplyDelete
  44. Udah dapat 5 episode... tapi berhubung sad ending saya mundur aja deh....

    ReplyDelete