Monday, May 26, 2014

Review Anime : Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai (Ano Hana)



Yossha kali ini kita akan kembali mereview salah satu anime yang lumayan menguras air mata dan dengan banyak moment-moment yang biasa saya bilang “nendang” nih (yg biasa bikin gw bilang... Damn itu...). Ya Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai yang artinya “Kita masih belum tahu nama bunga yang kita lihat hari itu”, panjang ya judulnya (ribet lagi, gw aja nggak apal XD), jadi judul anime ini biasa disingkat dengan Ano Hana yang artinya “Bunga itu”. Nah kaya apa sih anime nya ? dari judulnya aja langsung ketauan kan kalo ini bukan anime sembarangan. langsung aja ini dia.... eits entar dulu siapin tisu dulu gih :p. Oke langsung aja ini die review nya.

 
Judul : Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai (Ano Hana)
Genre : Slice of life, supernatural
Total Episode : 11 Episode


Sinposis :


Ano Hana bercerita tentang enam orang anak yang bersahabat dan selalu bermain bersama, yaitu Jinta, Anaru, Poppo, Tsuruko, Yukiatsu, dan Menma. Sahabat-sahabat kecil ini selalu bermain bersama di sebuah gubuk di kaki gunung dan membentuk “Super Peace Buster”. Namun persahabatan indah mereka memudar dan berakhir setelah kematian salah satu dari mereka, yaitu Menma. Ya kematian Menma membawa perubahan dalam hidup teman-temannya dan membuat mereka menjalani hidupnya masing-masing. Tetapi pada suatu hari di musim panas tiba-tiba Menma datang kembali pada salah satu temannya Jinta. Jinta mengira bahwa itu hanyalah halusinasi karna panas dan stresnya yang berlebih karna kini ia menjadi seorang yang anti-social. Tetapi ternyata Menma yang datang padanya adalah arwah menma yang hanya bisa dilihat oleh Jinta. Arwah Menma datang kembali karena ternyata masih ada satu permohonanya yang belum terkabul semasa hidupnya dan meminta Jinta untuk membantu mengabulkannya, tetapi Menma sendiri tidak ingat akan permohonanya tersebut. Menma percaya bahwa permohonannya akan dapat terkabul saat jika semua teman-temannya kembali berkumpul. Namun itu semua tidak akan  mudah karena semua teman-temannya sudah berubah dan melupakan persahabatan mereka dulu. Bisakah permohonan Menma terkabul ? Bagaimana pengaruh kembalinya arwah Menma pada persahabatan mereka ? Serius kali ini nggak mau spoler karnacerita anime ini terlalu sayang untung diceritakan dan lebih baik ditonton sendiri :).


Kenapa sih harus nonton anime ini ?



  • Cerita anime ini sangat bagus dan menyentuh karena mengangkat tema persahabatan yang dialami setiap orang. Tema yang universal inilah yang membuat emosi kita akan sangat mudah terbawa dan seakan ikut merasakan ceritanya yang luar biasa mengharukan. 
  • Sentuhan backsound musik yang indah berhasil mengalirkan emosi dan jalan cerita anime ini dengan samnagt baik. Selain itu soundtrack utama anime ini Aoi Shiroi dari Galileo Galilei untuk opeing dan Secret Base ~Kimi ga Kureta Mono~ dari Ai Kayano, Haruka Tomatsu, dan Saori Hayami untuk endingnya juga sangat bagus dan enak didengar. Ost anime ini memiliki makna yang bagus dan senada dengan cerita anime ni... Manis dan Nostagic :’).
  • Anime ini banyak mendapat tempat sebagai “anime terbaik yang pernah saya tonton” dari banyak oarang yang sudah menontonnya. Dan menempati posisi atas sebagai anime yang paling bisa membuat menangis dalam poling kepada para otaku di Jepang.
  • After Effect, maksudnya disini adalah pengaruh yang kita dapat setelah menyaksikan suatu pertunjukan (biasanya di seni sulap khususnya mentalism dsb #CMIIW). Ya setelam nenyaksikan anime ini saya (dan kebanyakan orang) merasa sangat rindu akan sahabat-sahabat kecil saya yang sudah lama tidak bersama (kalian juga kan ?). Rindu akan masa-masa melakukan kekonyolan bersama, menjelajah ke tempat-tempat baru, dan menghabiskan waktu bersama seakan dunia milik kita, seakan kamilah yang terhebat dan takterkalahkan, tanpa memikirkan beban hidup apapun... I miss that moment :’).  

    (miss that moment)


Oke itu dia review dari anime nostagic, Ano Hana. Sebuah anime bagus yang mengingatkan kita akan penting dan indahnya sebuah persahabatan. Seperti kata dosen saya :

“Teman adalah Pengobat Luka”


Ya “Persahabatan” sebuah kata sederhana yang dalam dan berharga maknanya. Jadi pesan buat kalian adalah, hargailah sahabat kalian selama mereka masih di samping kalian dan nikmatilah waktu berharga kalian bersama sahabat-sahabat kalian.


Tanpa perlu diomongin lagi, anime ini jelas sangat recommended untuk ditonton... Serius kalian harus coba nonton anime ini :).


Terakhir kita tutup review ini dengan sebuah quots dari saya (ecie bisa biki quots bijak... sok banget deh gw XD wkwkwk) : 


“Teman adalah tempat berbagi suka dan duka, berbagi mimpi, dan saling mengingatkan untuk bangun dari mimpi itu dan mewujudkannya”
- David Rohadi

Selamat Menonton :).

THANKS.
 

No comments:

Post a Comment