Saturday, July 19, 2014

Review Anime : Guilty Crown

Ya kali ini kita akan memahas sebuah anime seru bertema science fiction nan futuristik, Guilty Crown. Ya Guilty Crown memang merupakan salah satu anime terbaik di tahun 2011 kemarin, jadi tidak heran kalau udah banyak dari kalian yang udah nonton anime ini. Tapi skarang coba kita lihat yuk apa sih yang bikina anime ini jadi salah satu anime terbaik tahun 2011, jadi langsung aja ini dia reviewnya :).



Sebenarnya saya kurang menyukai anime-anime bergenra sci-fi dan meca pada umumnya. Namun saat saya coba menonton anime ini, i thing this is good. Ya sebuah anime yang berhasil mendobrak batas genre yang tidak saya sukai dan berhasil membuat saya bilang, “man anime ini bagus, keren, dan lo harus coba nonton deh :)”. 

Judul : Guilty Crown
Genre : Action, Sci-fi
Total Episode : 22 Episode
Studio : Production I.G

 

Sinopsis :



Bercerita tentang Ouma Shu seorang pelajar SMA yang hidup di Tokyo pada tahun 2039. Dimana pada saat itu Jepang sedang dilanda virus Apocalypse yang terjadi karena insiden 10 tahun yang lalu yang disebut Lost Christmas. Dan Jepang pun dalam pengawasan badan yang disebut GHQ yang juga mengambil alih pemerintahan. Shu yang merupakan seorang pelajar yang bisa saja, bahkan cenderung tertutup, hidupnya mulai berubah saat ia bertemu Yuzuriha Inori, seorang vokalist grup band Egoist yang ternyata juga merupakan anggota terorist Undertaker / Funeral Patrol. Inori yang ditugaskan membawa tabung Void Genome untuk diserahkan kepada Tsutsugami Gai, Pemimpin organisai tersebut, bersembunyi di tempat favorit Shu di sekolahnya. Namun saat Inori sedang bersembunyi ia ditangkap oleh GHQ di depan mata Shu. Shu yang tidak bisa membiarkanya begitu saja pergi untuk menyelamatkannya dan bertemu dengang Gai dan teman-temannya. Shu pun terlibat pertempuran dikota dengan GHQ. Dan saat Shu ingin menyelamatkan Inori tertembak. Namun ternyata tembakan tersebut mengenai Void Genome yang sedang dibawa Shu. Pecahnya tabung Void Genome tersebut membuat Shu terkena radiasninya dan membuat Shu memiliki kekuatan untuk menggunakan Void, yaitu sebuah senjata yang terdapat dalam diri setiap manusia yang bentuknya merupakan perwujudan dari hari dan kepribadian manusia tersebut. Shu yang melihat sendiri bahwa GHQ melakukan pengawasan terhadap virus Apocalypse dengan cara diskriminasi, intimidasi, dan kekerasan serta mengetahui tujuan lain dari GHQ, akhirnya bergabung dengan Undertaker dan bertekat melawan GHQ dan menyelamatkan Jepang. Bagaimana kisah selanjutnya langsung aja ke TKP langsung tonon sendiri aja ya :).
 


Kenapa sih harus nonton anime ini ?



  • Pertama Cerita. Banyak yang bilang kalau cerita Guilty Crown mirp Code Geass, tapi karena saya belum nonton Code Geass, jadi saya akan berkomentar dari sudut pandang saya yang hanya mengetahui cerita Guilty Crown. Walaupun tema cerita action sudah cukup mainstream, namun saya menyukai ide cerita dari anime ini. Saya menyukai ide penggunaan konsep senjata void dan cerita perlawanan akan kebusukan pemerintah. Saya rasa bobot crita anime ini juga sangat pas, cerita anime ini bukanlah cerita action ringan yang hanya akan berlalu begitu saja saat kita selesai menonton, dan juga bukanlah cerita yang terlalu berat seperti politik, konspirasi, dsb. Ya Pas dan Seru :).
  • Artwork. Nah di anime kita juga bisa liat artwork yang ciamik yang berhasil menggambarkan kota Tokyo modern dengan teknologi yang mutakhir dan futuristik sekaligus suasana Tokyo yang kelam saat dilanda virus. Dan favorit saya dalam hal artwork adalah menyaksikan saat Shu menggunakan Void, man itu keren, lebih tepatnya itu Indah :).


    (Shu mengeluarkan & menggunakan Void Inori yang berbentuk pedang besar)
  • Musik. Anime ini bisa dibilang salah satu anime dangan pengkolaborasian Anime & Musik terbaik yang pernah ada. Penggunaan lagu My Dearest dar Supercell sebagai Opening, lagu Euterpe, sampai lagu Departures dari egoist (side projec dari Ryo Supercell #CMIIW) sebagai Ending, terasa begitu indah dan sangat enak didengar (kalian harus coba dengaer deha lagu-lagu ini, serius enak banget). Lagu syarat akan makna cerita, kekelaman, kesedihan, perjuangan, pengorbanan, sampai manisnya kemenangan begitu terasa dalam lagu-lagu yang berhasil dikemas dengan musikalitas yang sangat indah ini. Ya Musik-musik yang berhasil menggambarkan emosi dan cerita anime ini dengan sangat baik... Luar Biasa.
  • Intensitas carita anime ini terbilang baik dan meningkat di pertengahan episode hingga akhir menjadi sangat intens. Keseruan anime ini membuat kita makin penasaran di setiap akhir episode dan membuat kita ingin sesegera mungkin menonton lanjutannya. Ya sebuah hal yang wajib dimiliki anime dengan genre Action untuk menjaga kualitas cerita.
  • Terakhir seperti yang sudah saya katakan di awal bahwa anime ini merupakan salah satu anime terbaik pada tahun 2011 kemarin. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak menontonya kan :).

Oke itu dia pembahasan dari anime Guilty Crown, sebuah anime futuristik seru yang harus kalian coba tonton. Buat kalian yang belum nonton, semoga review ini membantu kalian yang baru mulai nonton dan bikin kalian jadi tertarik nonton nih :). Dan buat kalian yang udah nonton juga bisa share pendapatnya tentang anime ini di kolom komentar :). Jadi tinggalkan komentar ya, karena komentar, masukan, dan support dari kalian sangat berarti disini ^^. 

Selamat Menonton :).
 

THANKS.

2 comments: