Monday, February 9, 2015

Review Anime : Isshuukan Friends

Jika persahabatan diibaratkan sebagai sebuah perjalanan. Maka kenangan dapat menjadi peta yang bisa menunjukan jalan untuk kembali. Melakukan hal baru bersama sahabat bagaikan berpetualang ke tempat yang belum diketahui. Tempat yang belum ada di peta. Kemudian kita melukiskan peta dunia persahabatan kita sendiri. Namun dapatkah kita mengarungi dunia yang belum diketahui tersebut tanpa peta ? Mungkin anime satu ini dapat memberikan jawabannya sendiri, Isshuukan Friends.



Kesan-kesan saya selama menonton anime ini adalah, anime adalah anime yang aneh. Iya aneh, coba bayangkan, Isshuunkan Friends –One week friends,- katanya teman, tapi sayang. Lah. (apacoba, lupakan XD).

Judul : Isshuukan Friends
Genre : Romance, Comedy, School life, Slice of life
Jumlah Episode : 12 
Studio : Brains Base
Adaptasi manga karya Matcha Hazuki

Sinopsis : 

Kaori Fujimiya adalah seorang gadis penyendiri di sekolahnya. Fujimiya tidak ingin memiliki teman karena ia memiliki sebuah penyakit aneh. Setiap hari Senin ingatan Fujimiya tentang teman-temannya akan menghilang. Karena hal itulah ia  khawatir akan menyakiti hati temanya jika suatu hari teman datang padanya tetapi ia tidak mengingat temanya tersebut. Dan karena hal itu pula lah Fujimiya memilih untuk tidak berteman dengan siapa pun.
Suatu hari, tanpa mengetahui hal tersebut, Yuuki Hase menghampiri Fujimiya dan mengatakan, “Aku ingin jadi temanmu.” Awalnya Fujimiya menolak karena tidak ingin menyakiti Hase. Namun Hase tidak menyerah sampai akhirnya Fujimiya menceritakan masalahnya tersebut. Dan merekapun dapat menjadi teman baik. Hingga tibalah pada hari Senin. Fujimiya benar-benar tidak mengingat Hasa dan kenangan bersamanya selama seminggu yang lalu. Namun bukannya merasa kecewa, Hase yang mengetahui bahwa sebenarnya Fujimiya ingin berteman lebih dari siapapun justru mengatakan, “Aku ingin menjadi temanmu lagi.”


Kenapa sih harus nonton anime ini ? 


  • Pertama Cerita. Anime yang memiliki dasar cerita berupa sebuah kelainan (baik penyakit maupun kekuatan) – dalam kasus ini maasalah penyakit - di tengah-tengah kehidupan normal memang selalu menarik untuk di simak.  Rasanya sangat menarik  menyaksikan tiap karakter berjuang menghadapi masalah-masalah yang timbul karena kondisi tersebut. Yang lebih membuatnya menarik dan seru adalah, masalah ini dihadapi buka hanya dengan drama kesedihan, tetapi juga dengan ‘Kesenangan dari Pertemanan.’ Dan satu hal lagi, anime ini juga memiliki cerita romance yang sederhana dan manis :').


  • Saat pertama kali melihat desain karakter anime ini saya berpikir anime ini memiliki desan karakter yang aneh. Tatapi saat mulai menontonnya, hanya dalam hitungan menit pikiran saya tadi berubah. Selanjutnya saya berpikir anime ini memiliki desain karakter yang unik dan memiliki ciri khas berbeda dari anime lain yang mengedepankan kesempurnaan desain karakter. Saya melihat sisi manis dari karakter Fujimiya dan secara pribadi saya menyukai desain karakternya.



     (Fujimiya-san Kawaii :3)


  • Selanjutnya karakter. Anime ini memiliki empat orang sahabat berkarakter kuat yang menjalankan cerita.  

(Kiri – kanan : Shogo Kiryu, Yuuki Hase, Kaori Fujimiya, Saki Yamagishi)

    • Kaori Fujimiya, seorang gadis penyendiri yang memiliki sebuah penyakit dimana setiap hari senin ingatannya tentang temannya akan direset dan menghilang.
    • Yuuki Hase, seorang pria baik hati (standar karakter pria school life XD) yang berusaha menjadi teman yang baik untuk Fujimiya.
    • Shogo Kiryu, sahabat Hase yang memiliki sifat dingin, ngeselin, dan cuek, tetapi sebenarnya Kiryu adalah orang yang baik. Ia digambarkan sebagai cowok keren di kelasnya.
    • Saki Yamagishi, sahabat wanita pertama Fujimiya yang juga memiliki masalah dimana Saki memiliki ingatan yang sangat lemah alias pikun. Nantinya, Saki dan Kiryu juga akan memiliki hubungan yang unik dan manis :’).
  • Anime ini mempunyai lagu opening yang Sangat Bagus dengan lagu berjudul Niji no Kakera dari Natsumi Kon (Serius lagunya Bagus Banget deh :D).
  • Isshuukan Friends akan mengingatkan kita tentang betapa menyenangkannya memiliki teman baik disaat apapun. So tontonlah anime ini kemudian nikmatilah waktu-waktu menyenangkan kalian bersama para sahabat :D.


Oke itu dia sedikit pembahasan kita tentang anime Isshuukan Friends.
Masih ingat dengan pertanyaan diawal tadi ?  Dapatkah kita mengarungi dunia yang belum diketahui tersebut tanpa peta ?
Jawabannya ‘Bisa,’ ya jelas bisa, peta memang penting, tetapi ada hal yang jauh lebih penting. Yaitu terus melangkah mengarungi dunia baru tersebut :).

Selamat Menonton :).

“kenangan memang penting, tetapi ada hal yang jauh lebih penting. Hal itu adalah terus membuat kenangan baru.”
- Yuuki Hase (Isshuukan Friends)

Trivia : Jadi pengen punya temen kaya Fujimiya-san deh. Eh tapi kalo punya temen kaya Fujimiya-san pengennya dipacarin juga sih XD.

THANKS.  


No comments:

Post a Comment