Sunday, February 21, 2016

JKT48 Request Hour Setlist Best 30 versi Fuwa Fuwa Zone - 30 Lagu Terbaik JKT48 versi Fuwa Fuwa Zone

Pada tanggal 27 Februari 2016 idol grup JKT48 akan mengadakan sebuah konser bertajuk Request Hour Setlist Best 30. Dalam fandom 48, Request Huor dikenal sebagai sebuah konser dimana lagu yang dibawakan adalah lagu hasil voting dengan suara tertinggi pilihan fans. Request Hour merepresentasikan lagu-lagu yang paling digemari para fans.


Dan pada tahun 2016 ini, untuk pertama kalinya JKT48 mengadakan Request Hour untuk memilih 30 lagu terfavorit dari 215 lagu yang pernah mereka bawakan.

Menjelang show, saya pun tertarik untuk membuat daftar 30 lagu yang dapat masuk ke dalam Request Hour Setlist Best 30 versi saya, beserta penjelasan lagu dan alasan saya memasukannya ke dalam list.


Dan bisa dibilang, inilah lagu terbaik JKT48 versi saya :


30. Oogoe Diamond – Teriakan Berlian

Kusuka dirimu kusuka. Kuberlari sekuat tenaga ~

Lagu ini pernah menjadi sangat populer di awal terbentuknya JKT48. Selain itu, menurut saya lagu ini juga menjadi lagu penutup setlist tebaik (Oogoe Diamond adalah lagu terakhir di setlist Renai Kinshi Jourei) dari semua setlist JKT48 sampai saat ini. Rasanya akan sangat menyenangkan mendengarkan lagu ini di Request Hour JKT48 untuk bernostalgia.


29. Ame no Pianist – Sang Pianis Hujan

Lagu tentang prepisahan sepasang kekasih yang dibawaka dengan aransemen musik dan performance yang sangat elegan dari setlist Te wo Tsunaginagara.


28. Boku no Sakura – Bunga Sakura

Lagu tentang kelulusan memang selalu memiliki tempat tersendiri dalam 48 group, dan bagi saya Boku no Sakura adalah salah satu yang terbaik.

Sesuatu yang telah diajarkan punggung. Bahwa semua orang berlari dengan tempo yang berbeda ~


27. Squall no Aida ni – Di tengah hujan badai tiba-tiba

Ketika mendengar lagu ini saya membayangkan sebuah adegan seorang gadis yang sedang berteduh bersama orang yang disukainya, dan saat itu, ia pun berharap hujan tidak akan pernah berhenti. Lagu dengan ide yang manis yang cocok didengarkan pada musih hujan seperti sekarang ini (Kan… Kan… Baper kan XD).


26. Kinou Yori Motto Suk – Dibanding kemarin main suka

Kamu menyukai seseorang tanpa tau alasannya. Kamua merasa sengang hanya dengan melihatnya, bahkan ditengah kerumunan pun, arah pandanganmu hanya padanya. Saat memikirkannya, dadamu berdebar.

Tetapi, kamu ragu, apakah ia sudah memiliki kekasih?

Ya kamu ragu. Hanya saja, satu hal yang kamu tahu pasti, setiap kamu bertemu dengannya kamu menjadi semakin suka padanya :’).


25. Rider

Lagu ini bercerita tentang kerinduan seseorang kepada temannya yang telah pergi jauh.

Ada “rumor” manarik mengenai lagu ini. Dulu ada seorang fans awal AKB48 yang selalu datang ke Theater mereka. Ia selalu datang dengan mengendarai sepeda motor, karena itu ia dijuluki “rider.” Suatu hari rider meninggal dunia. Dan lagu ini dibuat untuk mengenangnya :’).


24. Hikoukigumo – Jejak awan pesawat

Dengan lambaian sapu tangan, Hikoukigumo mengajak kita untuk move on dan melupakan kesedihan yang telah ditingalkan.
Dan keasyikan dari menonton penampilan lagu Hikoukigumo adalah ketika kita ikut melompat-lompat sambil melambai-lambaikan sapu tangan.


23. Kokoro no Placard – Papan penanda isi hati

Single ke-7 JKT48 ini memiliki konsep unik yang berisikan ajakan untuk menyuarakan suara hati melalui sebuah papan. Dalam performance di beberapa kesempatan pun JKT48 sering membawakan lagu ini sambil membawa papan berisikan pesan tertentu, seperti untuk menyamapikan ucapan ulang tahun, juga menyuarakan kampanya untuk melawan pembajakan.

Jika tak bisa diungkapkan cukuplah dituliskan saja ~


22. Glory Days

Glory Days berisikan pesan untuk tidak menyia-nyiakan masa muda dengan melakukan apa yang ingin dilakukan dan ketika bertemu kegagalan, tak ada salahnya mencoba lagi. Karena selama masih muda, masih banyak waktu tuk berputar.


21. Saishuu Bell ga naru – Bel terakhir berbunyi

Ketika memulai sesuatu, langkah pertama memang selalu terasa berat. Namun seseorang tidak akan pernah bisa maju tanpa mulai melangkah.

Itulah pesan yang saya tangkap dari lagu ini. Bagaimana keraguan juga pernah menhampiri seorang idol sebelum pergi mengikuti audisi. Tetapi ia tahu, jika ia hanya diam, maka selesai sudah.

Rel jalur impian. Chance hanya satu kali. Sekarang ayo melempar dadu harapan ~


20. Sakura no Hanabiratachi – Kelopak-kelopak Bunga Sakura
Lagu bertema kelulusan terbaik dalam 48 group.

Saat kupandang ruang kelas semua teman sekelas ku memakai seragam namun tampak dewasa. Semuanya kan pergi menuju masa depannya masing-masing. Di punggungnya itu terlihat membentang sayap mimpi ~


19. Nagai Hikari – Cahaya yang Panjang

Lagu pengantar tidur yang indah di malam sepi.

Oh cahaya yang panjang. Doanya yang abadi. Berjuta tahun cahaya kan selalu tetap teringat.
Malam tak berawan pun. Dan malam hujan turun. Orang yang akan selalu melindungi ku dari jauh.
Aku matikan lampu di kamar ini. Ku ingin dipeluk oleh cahaya darimu ~


18. Te wo Tsunaginagara – Sambil menggandeng erat tanganku

Pernah mengalami kesulitan di sekolah atau di kampus? Kesulitan dalam belajar ataupun gagal dalam ujian? Ketika segalanya tidak selalu berjalan dengan mulus seperti itu, siapa orang yang ada di sampingmu? Jika jawabannya teman, maka lagu ini mewakili perasaan kalian pada saat itu :).


17. Tooku ni Ite Mo – Di tempat yang jauhpun

Lagu tentang perpisahan ini sangat indah dan menyentuh. Mengingatkan kita bahwa sejauh apapun jarak memisahkan, seorang teman akan tetap menjadi seorang teman.

Di saat kesulitan cobalah memandang langit. Karena seperti biasa di sini ku selalu. Mendengarkan cerit-ceritamu. Kita tak akan pertah sendirian ~


16. Suki! Suki! Skip!
Suki! Suki! Skip! adalah lagu cinta yang membuat kita ingin melompat-lompat mendengarnya. Lagu cinta yang mengingatkan kita betapa menyenangkannya jatuh cinta.


15. Run Run Run
Jika Suki! Suki! Skip! membuat kita ingin melopat, Run Run Run akan membuat kita ingin berlari sekuat tenaga untuk mengejar cinta :’).


14. Kibouteki Refrain – Refrain Penuh Harapan

Kibouteki Refrain adalah single hasil Sousenkyo (pemilihan member) kedua JKT48 yang menobatkan Ve sebagai center-nya. Mungkin siapapun member yang kalian dukung, atau siapapun oshi kalian, ketika melihat Ve berada di posisi pertama dan menjadi center di lagu ini, kalian akan merelakannya bahkan mungkin mendukungnya. Kenapa? Karena dia adalah seorang Jessica Veranda :).

Lagu ini juga bagus dan sangat easy listening.

13. Gingham Check

Gingham Check adalah lagu hasil Sousenkyo pertama JKT48 yang benar-benar mencerminkan kerja keras antara member dan fans-fansnya.

Dalam fandom 48 sendiri, Gingham Check sering disebut sebagai salah satu lagu terbaik dari AKB48.


12. Koisuru Fortune Cookie – Fortun Coocie yang Mencinta

Sampai saat in, mungkin lagu Koisuru Fortune Cookie menjadi lagu paling populer JKT48 yang disukai kalangan masyarakat umum (di luar fans JKT48). Hal ini dibuktikan dengan seringnya JKT48 tampil di TV dengan lagu ini sampai sekarang.

Lagu bernuansa disoko ini memiliki dance yang mudah diikuti dan terasa menyenangkan ketika digunakan untuk menari bersama-sama dalam sebuah flashmob.


11. Iwake Maybe – Alasanku Maybe

Iwake Maybe adalah lagu debut dari Tim T JKT48 yang membawa nuansa baru yang fresh. Kesegaran baru dalam sebuah lagu yang sangat menyenagkan.

Maybe… Maybe… Mungkin aku suka padamu Pada langit yang biru. Tak ada awan sedikitpun ~


10. Futari nori no Jitensha – Bersepeda berdua

Lagu tentang cinta searah terdhsyat dari JKT48 :’).

Ah mungkin bagi dirimu. Hanya teman sekelas saja. Yang jalan pulangnya searah. Keberadaan yang seperti angin ~

9. Don’t Look Back

Don’t Look Back memberikan sebuah motivasi yang sangat luar biasa. Di mana ketika kita memiliki sebuah impian, sering kali kesulitan –bahkan kegagalan– menjatuhkan kita. Namun kita hatus tetap berdiri dan maju ke depan untuk mengejar mpian kita.

Dan Tim KIII berhasil menyampaikan motivasi dalam lagu ini dengan sebuah performance yang Garang dan Sangat Keren.

Ini memang bukan jalan yang mudah. Semua orang juga pasti ingin menyerah. Namun jika ini mimpi yang dipilih kerahkanlah seluruh jiwa dan raga ~
Terpukul jatuh sekalipun ayo bangkit kembali. Rentangkan tangan meraih mimpi ya selama kita masih bernyawa ~

8. RIVER

RIVER adalah lagu Terkeren –dari segi penampilan– dari JKT48. Dengan lirik yang sangat memotivasi dan koreografi super epic di RIVER, JKT48 berhasil membuktikan diri bahwa mereka bukan sekumpulan gadis yang hanya menawarkan paras cantik, tetapi lebih dari itu mereka adalah sebuah idol grup yang luar biasa di Indonesia.

RIVER pertama kali dibawakan JKT48 pada konser di Nippon Budoukan, Jepang. Dan pada konser itu JKT48 berhasil memukau penonton –yang pada awalnya meandang remeh mereka, dengan tampil Sangat Luar Biasa, jauh di melampaui ekspektasi penonton di Jepang.


7. Ponytail to Shu Shu

Saya rasa Ponytail to Shu Shu adalah salah satu lagu yang paling membekas bagi fans (terusatam fans awal) JKT48. Walaupun sekarang Ponytail to Shu Shu jarang dibawakan, tetapi ketika lagu-dengan-musik-dan-lirik-menghanyutkan ini dibawakan, maka saat itulah crowd akan dibuat mebahana oleh gemuruh chant yang luar biasa.


6. First Rabbit

Sering kali kita ragu untuk mencoba hal-hal baru dengan alasan takut akan kegagalan.
Maka First Rabbit adalah lagu yang dihadirkan untuk membantah pemikiran-pemikiran seperti itu. Dengan analogi yang unik dan menarik, First Rabbit mengajak kita untuk tidak takut menghadapi kegagalan. Karena Kegagalan akan membuat kita semakin bijak.

Setiap terluka jadi makin dewasa ~


5. Beginner

Guru Besar Enterpreneur Alm. Bob Sadino pernah berpesan bahwa kebanyakan orang terlalu banyak berpikir ketika ingin memulai sesuatu, dan akhirnya mereka tidak pernah memulainya. Jangan terlalu banyak berpikir, jangan terlalu banyak beralasan, tetapi mulailah melakukannya.

Single ke-12 JKT48 ini juga berisaikan pesan yang sama. Dengan kualitas lagu yang komplit, mulai dari musik, lirik, dance dan formasi, sampai seifuku yang serba Keren, Beginner mengajak kita untuk tak perlu banyak berpikir, tak perlu takut gagal, karena kita hanyalah seorang Beginner.

*Alasan pribadi saya sangat menyukai lagu ini adalah karena 4 oshi saya (Melody, Hanna, Viny, dan Shani) berhasil menjadi senbatsu Beginner :’). Bangga sama kalian XD.


4. Yuuhi wo miteiruka – Apakah kau meluhat mentai senja

Selalu ada hari yang terasa berat dalam hidup kita. Dan Yuuhi wo miteiruka mengingatkan kita bahwa selalu masih ada hal baik yang bisa disyukuri pada hari seberat apapun.

Seluruh lirik lagu Yuuhi wo Miteiruka dapat dikutip menjadi quotes yang sangat indah dan penuh arti :’).


3. Shonichi – Hari Pertama

Jika ada poling lagu yang paling memotivasi di JKT48, mungkin sebagian besar dari kita akan setuju memilih lagu Shonichi. Bahkan sampai sekarang kata-kata magis dari lirik JKT48 yang paling memotivasi bagi saya (dan saya yakin sebagian besar wota fans JKT48 juga) adalah :

Usaha Keras itu tak akan Menkhianati ~


2. Himawari – Bunga Matahari

Di sini saya hanya ingin mengatakan bahwa Himawari adalah Unit Song Terbaik JKT48 :’).

Dan saya harap, kutipan lirik berikut dapat menjelaskan alasan saya :

Bunga Matahari dalam dirimu saat ini berkembang entah di mana.  Jika kau punya impian yang kau tuju haruslah itu kau ingat kembali ~
Terkadang meskipun tehalang awan tak pernah ada kata untuk menyerah. Sinar mentari yang engkau dambakan suatu saat sampai padamu ~

*Bahkan saya punya line up member impian di lagu Himawari yang (sepertinya) belum pernah tampil bersama dalam lagu ini. Dan keempat member itu adalah : Hanna, Viny, Melody dan Ve.


1. Gomen ne Summer – Maafkan, Summer

Dari semua lagu yang masuk ke dalam list ini karena alasan pribadi, dengan randah hati saya katakana, Gomen ne Summer adalah lagu yang berhasil meraih posisi pertama karena alasan yang sangat pribadi.

Gomen ne Summer adalah lagu yang membuat saya untuk pertama kalinya Jatuh Cinta pada JKT48. Ketika belum mengenal JKT48, kesan pertama saya pada lagu ini adalah, lagu ini memberikan nuansa yang berbeda dari lagu girls group yang sedang marak apada masa itu. Lagu ini menghadirkan nuansa Jepang ke dalam pikiran saya ketika pertama kali mendengarnya. Dan setelah itu saya jatuh hati.

Dan sampai saat ini Gomen ne Summer masih menjadi lagu favorit saya.

Sekali lagi, dengan sangat rendah hati, inilah Gomen ne Summer, lagu terbaik JKT48 versi saya :).


***

Oke itu dia 30 lagu terbaik JKT48 versi saya. Sebenarnya masih banyak lagu-lagu bagus dan favorit saya yang belum bisa masuk ke dalam list ini karena terbatasnya jumlah kuota –yang hanya 30– seperti Manatsu no Sounds Good, Juryoku Symphaty, Kyusen Kyotei, Wimbledon e Tsureteitte, Natsu ga Ichatta, Mirai no Tobira, dan banyak lagi XD.

Sekali lagi saya mengingatkan bahwa 30 lagu ini hanyalah versi saya. Tidak ada indicator pasti yang dapat menentukan lagu mana yang lebih baik dibandingkan lagu lainnya. Karena menikmati karya adalah tentang selera. Bisa jadi selera saya sama dengan selera teman-teman pembaca, atau bisa pula selera saya berbeda dengan selera teman-teman pembaca.

Nah jika kita memiliki selera yang berbeda, kalian juga bisa membuat daftar 30 lagu terbaik JKT48 versi kalian masing masing, dan jika berkenan kalian bisa me-share nya dikolom komentar di bawah :).

Oke sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya :).


THANKS.

3 comments:

  1. yup, gomen ne summer itu juga saya suka..
    futari nori no jitensha,tenshi no shippo, pokoknya pajama drive pas jaman tim J/gen 1 itu bagus bagus..

    himawari, yuuhi, dan 1st rabbit juga saya suka, bahkan ga kalah bagus ketimbang yg aselinya

    btw nice post bro, saya share ke G+ saya deh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you sudah ikut sharing tentang lagu favoritnya Kakak Ojan :).
      Selalu senang kalo ada yg sampe ngeshare artikel di sini :).
      Sekali lagi Terima kasih :).

      Delete
  2. setuju banget menurut saya lagu jkt 48 yang di list bagus bagus semua

    Harga Saham Mayora

    ReplyDelete