Saturday, December 20, 2014

Review Film : Stand By Me Doraemon (Our Childhood Friend)

Aku ingin begini. Aku ingin begitu. Ingin ini, ingin itu, banyak sekali. Semua, semua, semua dapat dikabulkan. Dapat dikabulkan dengan Kantong Ajaib ~
Ingat dengan kutipan lagu itu ? Jika iya, selamat karena anda telah memiliki masa kecil yang menyenangkan :). Buat yang tidak ingat, guys kalin masih punya kesempatan untuk menyalakan tv anda pada hari Minggu jam 8 pagi untuk menemui teman kita yang satu ini. Yup Doraemon.




Nah pertanyaan saya selanjutnya adalah, ingatkah anda kapan pertama kali anda mendengar lagu itu ? Jika jawabanya sudah lama sekali dan anda merindukan serial ini, guys pergilah ke Bioskop sekarang, karena serial ini kini hadir dalam bentuk 3D untuk memperingati ulang tahun ke 80 sang pencipta, Fujiko F. Fujio (alm). Nah seperti apa sih serial anime legendaris ini jika dihadirkan dalam bentuk 3D ? Langsung saja ini dia review dari Film Stand By Me Doraemon :).

Sinopsis : 


Saya akan memulai bagian ini denga sebuah pertanyaan “Siapa sih yang tidak mengenal Doraemon ?”. Saya yakin anda yang sedang membaca tulisan ini kenal betul dengan si robot kucing dari abad 22 yang satu ini. Jadi rasanya saya tidak perlu lagi menuliskan sinopsis dari film ini. Tetapi sebagai formalitas XD langsung saja ini dia sinopsis dari Stand By Me Doraemon :).

Nobita adalah seorang siswa SD yang sangat bodoh, ceroboh, lemah, bermasalah, dan masih banyak hal buruk lainnya. Megetahuni hal itu Sewahi, cucu dari cucunya Nobita di masa depan merasa khawatir akan kebahagiaan Nobita. Sewashi pun datang dari masa depan untuk menemui kakek buyutnya dengan membawa Doraemon, sebuah robot berbentuk kucing dengan kantong ajaib yang dapat mengeluarkan berbagai macam alat ajaib. Doraemon diprogram untuk tidak dapat kembali ke masa depan sebelum membuat Nobita bahagia. Doraemon pun mulai membantu Nobita memperbaiki kehidupannya dengan bantuan alat-alat ajaib dari kantong ajaibnya. Sampai akhirnya Nobita merasa begitu bahagia berkat Doraemon, begitu pun dengan Doraemon. Tetapi...


Kenapa sih Harus nonton Film ini ?


  • Pertama karena Ceritanya. Carita film ini merupakan gabungan dari beberapa cerita di serial manga dan animenya yang dikemas ulang menjadi satu cerita film panjang. Saat mengetahui hal ini, awalnya saya merasa khawatir jika penggabungan beberapa cerita ini akan terlihat “dipaksakan” dan tidak terjalin dengan baik antara cerita satu ke yang lainnya. Tetapi kekhawatiran saya ternyata tidak terbukti. Dalam film ini cerita-cerita lama tersebut berhasil dirajut dengan baik sehingga menghasilkan satu kesatuan film dengan cerita yang sangat bagus.
  • Guys, Prepare your tissues. Sebelum menonton film ini saya dikejutkan dengan fakta yang mengatakan bahwa sebagian besar penonton yang mononton film ini menangis terharu. Banyak hal yang dapat membuat kita terharu pada film ini, terutama kisah persahabatan antara Nobita dan Doraemon yang super mengharukan. Dan disini saya ingin mengakui banhwa saya juga menitihkan air mata saat meonton film ini :’). 

    (Salah satu bagian paling MEngharukan dalam film ini)
  • Grafis yang memukau. Buat saya pribadi, rasanya sangat menarik menyaksikan serial anime ini dihadirkan dalam format animasi 3D. Yup sangat menarik menyaksikan karakter-karakter yang kita kenal dan tempat-tempat yang familiar dalam serial Doraemon dirubah dari format 2D menjadi 3D. Selain itu saya juga tekagum-kagum saat kita diajak terbang dengan baling-baling bambu (rasanya kaya ikut terbang beneran XD) mengunjungi Tokyo di masa depan yang digambarkan dengan gambaran kota yang Keren dan Futuristik.
  • Nostalgia. Saya merupakan orang yang tumbuh bersama Doraemon, dan saya yakin banyak dari anda yang juga mengalaminya. Jadi saya rasa film ini akan menjadi film yang akan mengingatkan kita saat-saat menyenangkan di minggu pagi bersama Doraemon dan Nobita :). Saya teringat denga salah satu adegan di film ini saat Nobita berbicara kepada Nobita dewasa di masa depan.
    “Itu Doraemon. Kau ingin menemuinya ?” tanya Nobita kecil.
    “Hmm Tidak. Doraemon adalah temanmu, teman masa kecilku. Jadi nikmatilah waktumu bersamanya” jawab Nobita dewasa.
    Saya yakin anda juga pernah menikati waktu-waktu yang menyenangkan bersama teman masa kecil kita, Doraemon. Nikmatilah :’).

  • Nobita’s Love Story. Salah satu bagian favorit saya dalam film ini adalah bagian cerita cinta antara Nobita dan Sizuka. Mulai dari cinta yang polos sampai cinta tulus dari mereka telah berhasil membuat seisi bioskop terharu dan menitihkan air mata. Ada 3 part di film ini yang menjadi favorit saya. Pertama, ketika Nobita berusaha membuat Sizuka benci kepadanya dengan mengangkat roknya. Sizuka pun langsung menampar Nobita. Tetapi kemudian Sizuka menyadari bahwa saat mengangkat roknya, Nobita menutup matanya agar tidak melihat celana dalam Sizuka (Ohhh...). Kedua saat Sizuka meminta restu kepada ayahnya. Disini kita akan mendengarkan kata-kata yang luar biasa indah dari ayah Sizuka :’). Terakhir, ada kutipan yang mengharukan dari Nobita.
    “Bukankah kau menyukai Sizuka ?” tanya Doraemon.
    “Aku memang menyukainya. Sizuka segalanya bagiku. Tetapi aku lebih baik tidak bersamanya jika ia tidak bahagia bersamaku”.
    Tidak pernah terbayangkan jika kata-kata setulus itu keluar dari mulut seorang Nobita dan berhasil menyerang hati saya :’).
    Hanya satu hal yang dapat menggambarkan part favorit saya ini yaitu “ :’) “.

    (Salah satu bagian Terseru dalam film ini)

  • Musik yang Indah. Adegan-adegan dalam film ini juga diiringi musik indah pada beberapa adegan tertentu yang barhasil menggambarkan suasana menyenangkan dan mengharukan dengan maksimal. Dan setelah film selesai, tunggu dulu, jangan dulu beranjak dari kursi anda, karena di credit titel yang sangat lucu anda juga dapat menikmati soundtrack utama film ini yang berjudul Himawari no Yakusoku dari Motohiro Hata yang Luar Biasa Mengharukan dan Indah.
  • Pesan yang Sangat Bagus. Film ini sendiri mengandung peasn yang sangat bagus yang dapat kita aplikasikan dalam hidup kita yaitu “Janganlah selalu bergantung kepada orang lain, tetapi buktikanlah bahwa kita juga mampu berjuang dengan kemampuan sendiri sekuat tanpa takut akan kegagalan. Karena saat kita berusaha sendiri dan gagal, akan ada tangan-tangan yang akan membantu kita bangkit dari kegagalan dan mendorong kita untuk berusaha lagi.”
Oke itu dia review dari Film yang Luar Biasa Bagus, Stand By Me Doraemon.  Sebuah film yang akan membuat kalian bernostalgia mengenang masa-masa kecil yang menyenangkan di Minggu pagi.

Oke Selamat Menikmati lagi waktu-waktu Menyenangkan anda bersama Doraemon :).

THANKS.


2 comments:

  1. sayang ya gan film nya harus bocor.. tapi kalo menurut ane isi film nya gak sebooming mitosnya. :( padahal udah ngarep banget.
    .
    Kunbal ke blog ane ya gan http://japbandung-asia.blogspot.com btw followan donk gan ane juga bikin artikel tentang cara tahun baruan orang jepang loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sayang banget, bahkan kemarin sempet ngajak orang2 di internet buat nonton karya yg asli buat menghargai apa yg mereka sendiri sukai (anime dsb), tapi nggak sedikit yg tanggapannya negatif :(. Padahal menghargai dgn cara nonton di bioskop jauh lebih mudah daripada beli langsung dari jepang.
      Jadi selagi ada cara yg mudah untuk menghargai apa yg kita sukai, yuklah kita hargai karya mereka ^^. Karena sebagai pekarya juga saya merasa seneng banget kalo ada yg menghargai karya saya ^^.

      Soal film nya saya puas banget malah dengan cerita, dan segalah hal yang di film itu. Sesuai harapan saya lah :).

      Ohiya tadi saya udah mampir ke blog nya juga :).
      Btw Thanks banget ya udah mampir dan ninggalin jejak di Fuwa Fuwa Zone :).
      Thank you :).

      Delete