Saturday, January 3, 2015

Review Dorama : Nobunaga Concerto

Kisah tentang time travel memang selalu memiliki dimensi yang menarik untuk disimak. Dan kisah time travel yang kali ini akan kita bahas adalah kisah perjalanan waktu ke Jepang era Sengoku dalam dorama Nobunaga Concerto.




Judul : Nobunaga Concerto

Jumlah Episode : 11
Sutradara : Hirosaki Matsuyama
Penulis cerita : Ayumi Ishii (Manga), Mashafumi Nishida 

Sinopsis : 


Saburo (Diperankan oleh Shun Oguri) adalah siswa SMA yang tidak begitu pintar dan memiliki kebiasaan melarikan diri dari masalah. Suatu hari sekolahnya mengadakan study tour ke suatu tempat wisata sejarah bergaya Jepang kuno. Saburo yang tersesat di tempat wisata tersebut tiba-tiba terjatuh saat mencari jalan keluar. Dan saat tersadar ia berada di  Jepang era Sengoku yang masih marak akan peperangan untuk mempertahankan wilayah. Dan yang membuatnya lebih terkejut lagi, saat tersadar Saburo bertemu dengan Oda Nobunaga yang sangat mirip dengannya. Nobunaga pun meminta Saburo untuk menggantikan posisinya sebagai pewaris klan Oda yang meminpin provinsi Owari. Saburo yang belum mengatahui bahwa ia sekarang benar-benar berada di era perang saudara itu pun langsung mengiyakan permintaan Nobunaga karena mengira ini hanyalah bagian dari wahana tempat wisata sekolahnya tadi. Tetapi saat menyadari kenyataan yang dihadapinya, bagaimana Saburo akan menjalani hidupnya sebagai Oda Nobunaga di zaman pertumpahan darah ini ? Langsung saja tonton keseruannya di Nobunaga Concerto :).




Banyak hal yang menarik dalam dorama ini yang membuatnya masuk list sebagai salah satu dorama favorit saya. Dan pada kesempatan ini saya akan membeberkan alasan-alasan yang membuat dorama ini mungkin akan menjadi dorama favorit kalian juga :).
And, here it is...


Dorama adaptasi manga & anime karya Ayumi Ishii memiliki cerita yang sangat menarik. Seperti yang sudah saya katakan tadi, kisah tentang time travel memang selalu menarik untuk disaksikan. Ditambah bagi penyuka kebudayaan Jepang, kalian akan dimanjakan dengan penggambaran sempurna dari Jepang kuno dengan segala budayanya yang masih sangat kental. 

Ya penggambaran Jepang kuno dalam dorama ini memang digambarkan degan sangat sempurna. Disini kita dapat melihat gambaran kehidupan masyarakat Jepang dari berbagai sudut kala itu. Dari masyarakat yang hidup dengan keringat, air mata, dan senyuman yang berada di tangan Daimyo (tuan tanah) yang berdaulat di wilayahnya. Para Daimyo yang memerintah untuk memperjuangkan kehidupan rakyatnya dengan politik mereka masing-masing. Para Samurai yang mengabdikan hidupnya hanya untuk tuannya. Sampai sisi tergelap dari era itu, ya Perang.


Saat pertama melihat scene perang dalam dorama ini, saya dibuat takjub dengan penggambaran adegan perang yang terlihat spreti sungguhan, dengan banyak sekali pasukan yang berperang, sampai perlengkapan samurai yang keren. Keren Banget :).

Untuk kalian yang mengharapakan adegan aksi pertempuran samurai yang super keren seperti pada film Rurouni Kenshin, nampaknya akan merasa agak kecewa (Tapi serius, saya harap tidak) karena kalian tidak akan menemukan hal itu. Tetapi disini kalian akan menemukan hal lainnya yang membuat dorama terasa seperti dorama, ya nilai moral.

Menurut saya pribadi dorama ini merupakan Paket lengkap dalam 11 episode nya. Ya paket lengkap, karena dalam tiap episodenya kita akan menemukan tema-tema berbeda beserta pesan moralnya tersendiri. Mulai dari nilai kehidupan, kasih orang tua, cinta, kepercayaan, kebijaksanaan dan masih banyak hal lainnya yang sangat bagus dari dorama ini. Bukan hal yang aneh jika kalian dapat dibuat terharu, bahkan menetskan air mata saat menonton tiap episodenya :’).

Hal menarik lainya yang dapat kita ikuti di tiap episodenya adalah pertumbuhan karakter sang karakter utama. Sangat menarik mengamati perkembangan karakter Saburo dari sosok bodoh yang suka melarikan diri sampai menjadi Oda Nobunaga yang bijaksana dan berjuang demi rakatnya.


Berbicara mengenai karakter, dorama ini memiliki deretan pemain bintang yang memerankan karakter-karakternya loh. Seperti yang sedari tadi kita bahas, Shun Oguri sebagai Saburo, Oda Nobunaga, dan Akechi Mitsuhide. Kemudian ada Kou Shibasaki sebagai Kicho, istri dari Nobunaga yang ternyata seorang Tsundere XD. Selanjutnya ada Osamu Mukai yang memerankan Ikeda Tsuneoki, tangan kanan Nobunaga yang bijaksana (bersiaplah kalaian para perempuan akan dibuat meleleh, tapi para pria bodo amat XD). Sampai ada Atsuko Maeda (Tuh ada Acchan wots) sebagai cameo di salah satu episodenya. Nah yang menariknya lagi (my favorite thing), bagi kalain yang merindukan perselisihan anatara Genji dan Serizawa pada Crow Zero. Perselisihan itu kini berlanjut di dorama ini, karena Takayuki Yamada siap menghadapi Shun Oguri sekali lagi sebagai Toyotomi Hideyoshi.


Ohiya dari tadi kita terus membahas hal-hal serius dari film ini, tetapi sebenarnya dorama ini tidaklah selalu menampilkan hal-hal serius. Banyak juga hal-hal lucu yang dapat kita temui disini. Seperti tingkah para karakternya yang konyol, samapai yang menjadi favorit saya adalah ketika terdapat scene dimana Saburo menggunakan apa yang biasa ia lakukan di masa depan disini. Salah satunya ketika Saburo memberikan sebuah majalah gravure kepada Tokugawa Ieyasu. Kocak XD.

Terakhir untuk musik, dorama ini menggunakan lagu dari Mr. Children yang berjudul Ashioto Be Strong sebagai soundtrack-nya. Sebuah lagu yang sangat Sempurna yang sangat sesuai untuk menggambarkan kisah dalam dorama ini. Serta sebuah lagu yang juga sangat sempurna untuk mengakhiri tiap episodenya :’).

Oke itu dia pembahasan kita tentang Dorama Nobunaga Concerto. Satu hal lagi, saat menulis review ini dan saat saya menyadari bahwa dorama ini telah tamat, saya merasa merindukannya :’). Dan saya sangat menantikan lanjutannya, tetapi besar kemungkinannya jika dorama ini akan memiliki season ke dua... Yeay ^^.

Buat kalain yang belum nonton, semoga review ini bisa membuat kalian tertrik untuk menontonnya. Dan buat kalian yang sudah menontonnya, kalian bisa langsung share pendapatnya tentang dorama ini di kolom komentar di bawah :).


Pokonya dorama Nobunaga Concerto ini sangat saya rekomendasikan untuk kalian tonton deh :).Jadi tinggalkan komentar ya ^^.


Selamat Menonton :).

THANKS.

8 comments:

  1. susah move on deh dr dorama ini :')

    ReplyDelete
  2. Best dorama ever!!!
    Semua ditata rapi dan indah
    Pesan moral disetiap scennya
    Musik pengiring yg selalu tepat sesuai adegan

    Semua orang yg aku rekomen selalu tertarik untuk menontonnya lagi...lagi...dan lagi (meski aealnya mereka gk suka sama jejepangan)

    Pokoknya rekoment bgt

    ReplyDelete
  3. Best dorama ever!!!
    Semua ditata rapi dan indah
    Pesan moral disetiap scennya
    Musik pengiring yg selalu tepat sesuai adegan

    Semua orang yg aku rekomen selalu tertarik untuk menontonnya lagi...lagi...dan lagi (meski aealnya mereka gk suka sama jejepangan)

    Pokoknya rekoment bgt

    ReplyDelete
  4. endingnya nobunaga palsu ke dunia nyata lg g? soalnya belum dapet yg terakhir nih

    ReplyDelete
  5. Nobunaga Concerto Live Action (2014)
    Mau tanya film ini dicari digoogle kok gak adanya dan gak bisa di nonton lagi atau di Download lagi kenapa nya?
    Yang film movie udah aku tonton tapi mau nonton serial pertama gak ada tolong bantuannya.. Kalau ada serial nya yang Nobunaga Concerto Live Action (2014) saya beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya punya videonya + subtitilenya.. saya simpan sebelum link d googlr pada mati

      Delete
  6. ini serial filmnya sangat bagus.. yang aq sayangkan adalah kematian hanbei-san , hiks hiks hiks
    sayang banget yang ahli strategi ~dan tampan~ harus mati hiks

    ReplyDelete